Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) merupakan mata kuliah wajib yang dalam pelaksanaanya sangat berhubungan erat dengan masyarakat. Secara umum tujuan dari KUKERTA adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar melalui keterlibatan secara langsung dalam masyarakat untuk menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan.
Sesuai dengan yang didapat sewaktu bimbingan pra lapangan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) maka pemilihan program kerja diawali dengan observasi untuk melihat permasalahan-permasalahan yang ada di desa. Observasi ini dilakukan berada di lokasi KUKERTA tepatnya di Desa Marga Mulya RT 02 Kecamatan Sungai Bahar, dilakukan selama kurang lebih satu minggu. Observasi dimulai dengan perjalanan dari posko menuju daerah disekitar posko yang dilakukan dari pagi hari.
Observasi dilakukan pada masyarakat dengan berkunjung kerumah aparat-aparat desa untuk wawancara dan bersilaturahmi. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan laporan dan data-data guna mencari program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat berpotensi untuk pengembagan desa. Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar terdapat posyandu, warung sayur, alfamart, indomart, bengkel, fotocopy, instansi desa seperti Balai Desa dan instansi pendidikan seperti PAUD/TK, SD, MTS, SMK. Posko 01 KUKERTA-PPM DIKTI UNIVERSITAS JAMBI berada di Desa Marga Mulya RT 02 yang terhitung mulai tanggal 18 Juli sampai 03 September 2016
Cara yang dilakukan agar observasi menyeluruh ke semua wilayah desa adalah dengan melakukan pembagian wilayah observasi, satu RT dapat dijangkau satu sampai dua mahasiwa. Selama waktu observasi dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan dengan aparat desa dan pemuda untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan di desa. Pertemuan dengan aparat desa banyak memberikan informasi situasi dan kondisi tentang desa tersebut. Demikian juga pertemuan dengan pemuda-pemuda Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Bahar, sedikit banyaknya mendapat banyak gambaran tentang kondisi desa yang nyata. Selain mengunjungi rumah aparat desa,observasi juga dilakukan dengan mengunjungi sekolah yang terdapat di desa, rumah-rumah pengurus BPD, rumah-rumah ketua RT, tempat-tempat ibadah atau pengajian di desa serta berkunjung kerumah masyarakat Desa Marga Mulya. Kunjungan ini penting mengingat akan banyak Program Kerja yang akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *